PROGRAM TAHUNAN
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1 Prambanan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
Al-Qur’an
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
1.1 Membaca
Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl :
78
§ Mampu
membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§
Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S.
AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
1.2 Menyebutkan arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
§
Mampu mengartikan per-kata Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§
Mampu mengartikan
per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan An Nahl:78
§
Mampu
menterjemahkan Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di
bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
§
Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30,
Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu
mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al
Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§
Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan
|
|
|
Al-Qur’an
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang keikhlasan dalam beribadah
2.1 Membaca
Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§
Mampu membaca Q.S
Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S
Al-An’am: 162-163
2.2 Menyebutkan arti Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§
Mampu mengartikan
per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§
Mampu mengartikan
per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu
menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam
beribadah seperti terkandung dalam
Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§
Mampu mengidentifikasi
perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§
Mampu mempraktikkan
perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu
menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163
|
|
|
Akidah
3. Meningkatkan keimanan kepada
Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna
§
Mampu menyebutkan
arti sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam
Asmaul Husna
§
Mampu menjelaskan
arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke
dalam sifat manusia
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
§
Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi
manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu
menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
|
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan
§
Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§
Mampu menyebutkan
pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesama manusia
§
Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§
Mampu menyebutkan
contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu
menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.
4.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan
sehari-hari
§
Menunjukkan sikap
husnu zhan terhadap Allah
§
Menunjukkan sikap
husnu zhan thd diri sendiri.
§ Menunjukkan
sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
|
|
Fikih
5. Memahami sumber hukum Islam,
hukum taklifi, dan hikmah ibadah
5.1 Menyebutkan pengertian, kedudukan dan
fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§
Mampu menyebutkan
pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§
Mampu menjelaskan
kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§
Mampu menjelaskan
fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§
Mampu menjelaskan
fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
§ Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.
5.2 Menjelaskan
pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
§
Menjelaskan
pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
§
Menjelaskan
kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan
sehari-hari
§
Mampu menunjukkan
contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
§
Mampu mempraktikkan
contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi
|
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
6. Memahami keteladanan
Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode
Mekkah
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada
periode Makkah.
§
Mampu menunjukkan
profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
§ Mampu
menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi
dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§
Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Menjelaskan
strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
|
|
|
Semester : 2
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
Al-Qur’an
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
7.1 Membaca Q.S. Ali Imran: 159 dan Q.S. Asy
Syura: 38
§
Mampu membaca
Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
§
Mampu
mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan
benar.
7.2 Menyebutkan
arti Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. Asy Syura: 38
§
Mampu menyebutkan
arti Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§
Mampu menyimpulkan
kandungan isi Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§ Mampu
mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat
demokratis.
7.3 Menampilkan
perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Q.S. Ali Imran;159, dan
Q.S. Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
§
Mampu menunjukkan
perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
§ Mampu
menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
|
|
|
Akidah
8. Meningkatkan keimanan kepada
Malaikat
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
Malaikat
§
Mampu menjelaskan
pengertian beriman kepada Malaikat
§ Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
8.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada Malaikat
§
Menjelaskan
contoh-contoh perilaku beriman kepada
Malaikat
§ Mampu
menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
8.3 Menampilkan perilaku sebagai cerminan
beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
§
Mampu menampilkan
perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
§ Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat
|
|
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
9.1 Menjelaskan pengertian adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.
§
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
§
Menjelaskan
pengertian adab dalam berhias
§
Menjelaskan
pengertian adab dalam perjalanan.
§ Menjelaskan
pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu
9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
§
Mampu menunjuk-kan
contoh adab dalam berpakaian.
§
Mampu menunjuk-kan
contoh adab dalam berhias.
§
Mampu menunjuk-kan
contoh adab dalam perjalanan
§ Mampu
menunjuk-kan adab dalam bertamu dan menerima tamu.
9.3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan
sehari-hari
§
Mampu memprak-tikkan
perilaku yg baik dan benar dalam berpakaian
§
Mampu
memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam berhias
§
Mampu
memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam perjalanan
§
Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.
|
|
|
Akhlak
10. Menghindari Perilaku Tercela
10.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
§
Mampu menjelaskan
pengertian hasad
§
Mampu menjelaskan
pengertian riya.
§
Menjelaskan
pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian diskriminasi
10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
§
Mampu menyebutkan
contoh perilaku hasad
§
Mampu menyebutkan
contoh perilaku riya
§
Mampu menyebutkan
contoh perilaku aniaya
§
Mampu menyebutkan
contoh perilaku diskriminasi
10.3 Menghindari
perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
§
Mampu menghindari
perilaku hasad.
§
Mampu menghindari
perilaku riya.
§
Mampu menghindari
perilaku aniaya.
§
Mampu menghindari perilaku
diskriminasi.
|
|
|
Fikih
11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf
11.1 Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
§
Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
§
Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
§ Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat,
haji dan wakaf
§
Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
§
Mampu menyebutkan
contoh pengelolaan haji
§ Mampu
menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan
tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
§
Mampu menerap-kan
ketentuan perundang-undangan tentang zakat
§
Mampu menerap-kan
ketentuan perundang-undangan tentang haji.
§
Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.
|
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
12. Memahami
keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
12.1 Menceritakan
sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
§
Mampu menjelaskan
sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
§
Mampu menunjukkan
profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
§
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
§ Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Prambanan
Drs. Suwito
NIP. 19600828 198803 1 003
|
Prambanan,
Juli 2012
Guru mata pelajaran
Masruro,
S.Pd.I
NIP. 19841219 201101 1 005
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1 Prambanan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : XI / 1
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
Al-Qur’an
1. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
1.1 Membaca
Q.S. Al Baqarah:148 dan QS. Al-Fatir:32
§
Mampu membaca
Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
§ Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
1.2 Menjelaskan
arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
§
Mampu mengartikan
per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar.
§ Mampu
mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
dengan baik dan benar
§ Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
1.3 Menampilkan
perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al
Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32
§
Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai
dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
§
Mampu mempraktikkan
perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al
Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
§ Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung
dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
|
|
|
Al-Qur’an
2. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah
menyantuni kaum dhuafa
2.1 Membaca Q.S. Al Isra: 26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177
§
Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27
dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
§
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177
§
Mampu mengartikan
per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§
Mampu mengartikan
per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§ Mampu
mendiskusikan terjemah Q.S.
Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
2.3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum
du’afa seperti terkandung dalam Q.S.
Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah:
177
§
Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti
yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
§
Mampu mempraktikkan
perilaku menyantuni kaum dhu’afa
seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah :
177
§
Mampu menunjukkan
perilaku menyantuni kaum dh’afa
seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra :
26-27 dan Al Baqarah : 177
|
|
|
Akidah
3. Meningkatkan
keimanan kepada Rasul-rasul Allah
3.1 Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
§
Mampu menjelaskan
tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
§ Mampu
mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada
rasul-rasul Allah.
3.2 Menunjukkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
§
Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul
Allah.
§
Mampu
mengidentifikasi contoh-contoh beriman
kepada Rasul-rasul Allah.
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam
kehidupan sehari-hari
§
Mampu menunjukkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
§
Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
|
|
|
Akhlak
4. Membiasakan berperilaku
terpuji
4.1 Menjelaskan
pengertian taubat dan raja`
§
Mampu menjelaskan
pengertian taubat
§
Mampu menjelaskan
pengertian raja’
4.2 Menampilkan
contoh2 perilaku taubat dan raja`
§
Mampu menunjukkan
contoh-contoh perilaku taubat
§
Mampu menunjukkan
contoh-contoh perilaku raja’
4.3 Membiasakan
perilaku bertaubat dan raja` dalam
kehidupan sehari hari
§
Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
Fikih
5. Memahami hukum
Islam tentang Mu’amalah
5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
§
Mampu menjelaskan
ketentuan hukum jual beli.
§
Mampu mengemukakan
dalil tentang dalil tentang jual beli.
§ Menjelaskan macam-macam jual beli.
5.2 Memberikan
contoh transaksi ekonomi dalam Islam
§ Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
§ Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan
sehari-hari
§
Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
§
Mampu menerapkan
transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
§
Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
|
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
6. Memahami
perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800
)
6.1 Menjelaskan
perkembangan Islam pada abad
pertengahan
§
Mampu menjelaskan
perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad
pertengahan.
§ Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad
pertengahan
6.2 Menyebutkan
contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
§
Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam
pada abad pertengahan.
§
Mampu menjelaskan
manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam
pada abad pertengahan
|
|
|
Semester : 2
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
Al-Qur’an
7. Memahami
ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
7.1 Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S.
Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27
§
Mampu membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
dgn baik dan benar
§
Mampu
mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58,
As-Shad; 27 dengan benar.
7.2 Menjelaskan arti Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58,
dan Q.S. Ash Shad: 27
§
Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58,
As-Shad; 27
§
Mampu mengartikan
per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
§
Mampu
menterjemahkan Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
7.3 Membiasakan perilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup seperti terkandung dalam
Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27
§
Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan
hidup
§
Mampu mempraktikkan
perilaku yg menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
§
Mampu menunjukkan
perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
|
|
|
Akidah
8. Meningkatkan keimanan kepada
Kitab-kitab Allah
8.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
§
Menjelaskan
pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
§ Menunjukkan perilaku iman kepada kitab-kitab
Allah.
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab2 Allah
§
Mampu menjelaskan
hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
§
Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
|
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
§
Mampu menjelaskan
pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
§ Mampu
menghargai karya orang lain.
9.2 Menampil-kan contoh perilaku menghargai karya orang lain
§
Mampu menampilkan
beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
§ Mampu
menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
9.3 Membiasa-kan perilaku menghargai karya
orang lain dalam kehidupan sehari-hari
§
Mampu menunjukkan
perilaku menghargai karya orang lain.
§ Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
|
|
|
Akhlak
10. Menghindari perilaku tercela
10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar
§
Mampu menjelaskan
pengertian dosa..
§ Mampu
menjelaskan pengertian dosa besar
10.2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
§ Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
§ Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam
kehidupan sehari-hari
§
Mampu menjelaskan
cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
§
Mampu menghindarkan
diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.
|
|
|
Fikih
11. Memahami ketentuan hukum Islam
tentang pengurusan jenazah
11.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
§
Mampu menjelaskan
tata cara memandikan jenazah
§
Mampu menjelaskan
tata cara mengkafani jenazah
§
Mampu menjelaskan
tata cara menshalatkan jenazah
§ Mampu
menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
11.2 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
§
Mampu memperagakan
tata cara memandikan jenazah
§
Mampu memperagakan
tata cara mengkafani jenazah
§
Mampu memperagakan
tata cara menshalatkan jenazah
§
Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah
|
|
|
Fikih
12. Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah
12.1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dakwah
§
Mampu menjelaskan
pengertian khutbah.
§
Mampu menjelaskan
pengertian tabligh
§
Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
12.2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan
dakwah
§ Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
§
Mampu menjelaskan
tatacara tabligh yang baik
§
Mampu menjelaskan tatacara dakwah
12.3 Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
§
Mampu menyusun
teks khutbah jumat dan dakwah.
§
Mampu memperagakan
khutbah
§
Mampu memperagakan
tabligh.
§
Mampu memperagakan dakwah
|
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami perkembangan Islam
pada masa modern (1800 – sekarang)
13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada masa
modern
§
Mampu menjelaskan
perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa modern.
§ Mampu
menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada masa
modern.
13.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan
Islam masa modern
§
Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam
pada masa modern.
§ Mampu
menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan
Islam pada masa modern.
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Prambanan
Drs. Suwito
NIP. 19600828 198803 1 003
|
Prambanan,
Juli 2012
Guru mata pelajaran
Masruro,
S.Pd.I
NIP. 19841219 201101 1 005
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1 Prambanan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : XII / 1
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
Al-Qur’an
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an
tentang anjuran bertoleransi
1.1 Membaca
Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
§
Mampu membaca
Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29 dgn baik & benar
§ Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus:
40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan
Q.S. Al-Kahfi: 29
§
Mampu mengartikan
per-kata Al-Qur’an surat Al kafirun, Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29.
§
Mampu mengartikan
per-ayat Al Kafirun, Yunus, 40-41, dan
Al Kahfi: 29.
§ Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.
1.3 Membiasakan perilaku bertoleransi seperti
terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29
§
Mampu
mengidentifikasi perilaku bertoleransi
§
Mampu mempraktikkan
perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
§
Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
|
|
|
Al Qur’an
2. Memahami ayat-ayat al-Qur’an
tentang etos kerja
2.1 Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S.
Al-Jumuah: 9-10
§
Mampu membaca
Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
§
Mampu
mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan
Q.S. Al-Jumuah: 9-10
§
Mampu mengartikan
perkata Al-Qur’an surat Al Mujadalah:
11 dan Al Jumuah: 9-10.
§
Mampu mengartikan
per-ayat Al-Qur’an surat Al Mujadalah:
11 dan Al Jumuah: 9-10.
§
Mampu
menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10
2.3 Membiasakan beretos kerja seperti
terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10
§
Mampu
mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al
Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§
Mampu mempraktikkan
perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al
Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
§
Mampu menunjukkan
perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al
Jumuah: 9-10
|
|
|
Akidah
3. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
3.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap Hari Akhir
§
Mampu menjelaskan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§
Mampu menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
§
Memperbanyak
beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari
Akhir
§
Menjelaskan hikmah
beriman kepada Hari Akhir.
§
Mendeskripsikan
hikmah beriman kepada hari akhir
§
Menerapkan hikmah
beriman kepada Hari Akhir.
|
|
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1 Menjelaskan pengertian adil, rida, dan
amal saleh
§
Mampu menjelaskan
pengertian adil
§
Mampu menjelaskan
pengertian rida
§
Mampu menjelaskan
pengertian amal saleh.
4.2. Menampilkan contoh perilaku adil, rida, dan
amal saleh
§
Menampilkan contoh
perilaku adil.
§
Menampilkan contoh
perilaku rida.
§
Menampilkan contoh
perilaku amal saleh.
4.3 Membiasakan perilaku adil, rida, dan amal
saleh dalam kehidupan sehari-hari
§
Menunjukkan
perilaku adil.
§
Menunjukkan
perilaku rida.
§
Menunjukkan
perilaku amal saleh.
|
|
|
Fikih
5. Memahami hukum Islam tentang
Hukum Keluarga
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
§
Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang nikah
§
Menjelaskan hukum
Islam tentang talak
§
Menjelaskan hukum
Islam tentang ruju’.
5.2 Menjelaskan
hikmah perkawinan
§
Menjelaskan hikmah
nikah
§
Menjelaskan hikmah
talak
§
Menjelaskan hikmah
ruju’.
5.3 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia
§
Menjelaskan
ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di
Indonesia.
§ Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.
|
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
6. Memahami perkembangan Islam di
Indonesia
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam di
Indonesia
§
Mampu menjelaskan
masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
§
Mampu menguraikan
manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
6.2 Menampilkan
contoh perkembangan Islam di Indonesia
§
Mampu menentukan ciri-ciri perkembangan
Islam di Indonesia
§
Mampu menunjukkan
contoh-contoh perkembangan Islam di
Indonesia
6.3 Mengambil
hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
§
Mampu
mengidentifikasi hikmah perkembangan
Islam di Indonesia.
§
Mampu menjelaskan
hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
|
|
|
Semester : 2
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
Al-Qur’an
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang pengembangan IPTEK
7.1 Membaca
Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164
§
Mampu membaca Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164 dengan
baik dan benar.
§
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.
7.2 Menjelaskan arti Q.S. Yunus: 101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164
§
Mampu mengartikan
per-kata Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164
§
Mampu mengartikan
per-ayat Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164.
§
Mampu
menterjemahkan Q.S. Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164
7.3 Melakukan pengembangan iptek seperti
terkandung dalam Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.
Al-Baqarah: 164
§
Mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
§ Menerapkan
Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 tentang pengembangan IPTEK
|
|
|
Akidah
8. Meningkatkan keimanan kepada Qadha’
dan Qadar
8.1 Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada
qadha’ dan qadar
§
Menjelaskan
pengertian qadha dan qadar.
§
Menjelaskan
pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
§
Mampu menjelaskan
tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
8.2 Menerapkan
hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
§
Menjelaskan hikmah
beriman kepada qadha dan qadar.
§ Menunjukkan
perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud
persatuan dan kerukunan
§
Mampu menjelaskan
pengertian dan maksud persatuan.
§ Mampu
menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.
9.2 Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
§
Mampu menunjukkan
contoh perilaku persatuan.
§ Mampu
menunjukkan contoh perilaku kerukunan
9.3 Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
§
Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menunjukkan
perilaku rukun dalam pergaulan.
|
|
|
Akhlak
10. Menghindari perilaku tercela
10.1 Menjelaskan
pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan
fitnah
§
Mampu menjelaskan
pengertian isyrof
§
Mampu menjelaskan
pengertian tabzir
§
Mampu menjelaskan
pengertian ghibah.
§
Mampu menjelaskan
pengertian fitnah
10.2 Menjelaskan contoh perilaku
isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
§
Mampu menjelaskan
contoh perilaku isyrof
§
Mampu menjelaskan
contoh perilaku tabzir
§
Mampu menjelaskan
contoh perilaku ghibah
§ Mampu
menjelaskan contoh perilaku fitnah
10.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah,
dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
§
Mampu menghindari
perilaku isyraf.
§
Mampu menghindari
perilaku tabzir
§
Mampu menghindari
perilaku ghibah
§
Mampu menghindari
prilaku fitnah
§
Mampu menunjukkan
akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah
|
|
|
Fikih
11. Memahami hukum Islam tentang
Waris
11.1 Menjelaskan
ketentuan-ketentuan hukum waris
§
Mampu menjelaskan
ketentuan hukum waris
§
Mampu menjelaskan
tentang ahli waris
§
Mampu menjelaskan
pembagian masing-masing ahli waris.
11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
§
Menyebutkan contoh
pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
§
Memperagakan
cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam
|
|
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
12. Memahami perkembangan Islam di
dunia
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
§
Mampu menjelaskan
perkembangan Islam di dunia
§ Mampu
mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.
12.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di
dunia
§
Menjelaskan contoh
perkembangan Islam di dunia
§ Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di
dunia
12.3 Mengambil hikmah
dari perkembangan Islam di dunia
§
Mampu mengidentifikasi hikmah
perkembangan Islam di dunia.
§ Mampu
menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Prambanan
Drs. Muhammad Saleh, MM
NIP. 19611231 199303
|
Sape, Juli
2012
Guru mata pelajaran
Jauhar H. A. Rasyid, S. Ag
NIP. 19751018 201001 1 016
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar