كَانُوا يَقُومُونَ عَلَى عَهْدِ
عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ
رَكْعَةً .
“Mereka shalat pada masa Umar bin Al Khathab Radhiyallahu
‘Anhu pada bulan Ramadhan dengan dua puluh rakaat.”
Takhrij
Hadits ini diriwayatkan Imam Abu Bakr Ahmad bin Ali Al
Baihaqi Al Khurasani rahimahullah (w. 458 H) dari Al Husain bin Muhammad Ad
Dainuri dari Ahmad bin Muhammad bin Ishaq dari Abdullah bin Muhammad Al Baghawi
dari Ali bin Al Ja’ad dari Ibnu Abi Dzu`aib dari Yazid bin Khushaifah dari As
Sa`ib bin Yazid.[1]
Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Al Marwazi[2] dalam
Qiyam Ramadhan,bab ‘Adad Raka’at Allati Yaqumu Biha Al Imam Linnas fi
Ramadhan,[3] dan Ibnul Ja’ad (2387).
Imam Abdurrazaq Ash Shan’ani meriwayatkan perkataan As Sa`ib
bin Yazid ini dengan redaksi sedikit berbeda,
كُنَّا نَنْصَرِفُ مِنَ الْقِيَامِ
عَلَى عَهْدِ عُمَرَ وَقَدْ دَنَا فُرُوْعُ الْفَجْرِ ، وَكَانَ الْقِيَامُ عَلَى
عَهْدِ عُمَرَ ثَلَاثَةً وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً .
“Kami beranjak dari qiyamullail pada masa Umar ketika waktu
fajar sudah dekat. Qiyamullail pada masa Umar adalah 23 rakaat.”[4]
Derajat Hadits: Shahih
Imam An Nawawi berkata tentang hadits ini, “Diriwayatkan Al
Baihaqi dengan sanad yang shahih.”[5]
Ibnul Mulaqqin berkata, “Dan Al Baihaqi meriwayatkan dengan
sanad shahih dari Umar, bahwa orang orang pada masa Umar melaksanakan
qiyamullail dengan dua puluh rakaat.”[6]
Syaikh Muhammad Shalih Al Munjid[7] hafizhahullah berkata,
“Ini adalah riwayat yang shahih dari para perawi yang tsiqah dari As Sa`ib bin
Yazid. Di dalamnya ada disebutkan 20 rakaat pada masa Umar bin Al Khathab
Radhiyallahu ‘Anhu. Adapun tambahan 21 rakaat atau 23 rakaat, adalah termasuk
shalat witir.”[8]
Tentang Hadits Shalat Tarawih 23 Rakaat
Dari beberapa hadits yang menyebutkan shalat tarawih 23
rakaat, hanya inilah yang kami dapatkan ada ulama besar yang menshahihkannya.
Itu pun, Imam An Nawawi mendha’ifkan hadits lain tentang shalat tarawih 23
rakaat.
Hadits lain yang sering disebutkan tentang hal ini, di
antaranya yaitu perkataan Yazid bin Ruman,
كَانَ النَّاسُ يَقُومُونَ فِي
زَمَانِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ فِي رَمَضَانَ بِثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ رَكْعَةً .
“Pada zaman Umar bin Al Khathab dulu, orang orang
qiyamullail pada bulan Ramadhan dengan 23 rakaat.”
Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Malik (233), Al Baihaqi
dalam Asy Syu’ab(3123), dan Al Firyabi dalam Ash Shiyam (160).
Tentang hadits Yazid bin Ruman ini,[9] Ibnu Hajar berkata,
“Dan sanadnya dha’if.”[10]
Imam An Nawawi[11] dan Az Zaila’i[12] menukil dari Al
Baihaqi, “Dan Yazid bin Ruman tidak bertemu dengan Umar.”
Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani juga mendha’ifkan
hadits ini dalam Irwa` Al Ghalil (445). Al Albani berkata, “Hadits ini dha’if
karena terputus (munqathi’).”
Hadits lain, Imam Ath Thabarani dan Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan
dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma,
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِي رَمَضَانَ عِشْرِينَ رَكْعَةً وَالْوِتْرَ .
“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam shalat malam pada bulan
Ramadhan dua puluh rakaat ditambah witir.”[13]
Hadits ini didha’ifkan oleh Imam Al Haitsami dalam Majma’ Az
Zawa`id (5018), Ibnu Hajar dalam Ad Dirayah fi Takhrij Ahadits Al Hidayah
(257), Az Zaila’i dalamNashbu Ar Rayah,[14] Al Albani dalam Irwa` Al Ghalil
(445).
Dalam Qiyam Ramadhan, Imam Al Marwazi meriwayatkan dari
seorang tabi’in yang mulia, Muhammad bin Ka’ab Al Qurazhi (w. 118 H),[15]
كَانَ النَّاسُ يُصَلُّوْنَ فِي
زَمَانِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِي رَمَضَانَ عِشْرِيْنَ
رَكْعَةً يُطِيْلُوْنَ فِيْهَا الْقِرَاءَةَ وَيُوْتِرُوْنَ بِثَلَاثٍ .
“Orang orang pada zaman Umar bin Al Khathab Radhiyallahu
‘Anhu shalat malam pada bulan Ramadhan sebanyak 20 rakaat. Mereka memanjangkan
bacaannya, dan witir dengan tiga rakaat.”[16]
Tetapi, ini hadits munqathi’ alias lemah. Sebab, Muhammad
bin Ka’ab tidak berjumpa dengan Umar bin Al Khathab. Dia dilahirkan pada masa
kekhalifahan Ali bin Thalib.
Ada juga hadits lain yang diriwayatkan Imam Ibnu Abi Syaibah
dari Abdul Aziz bin Rafi’,
كَانَ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ يُصَلِّي
بِالنَّاسِ فِي رَمَضَانَ بِالْمَدِيْنَةِ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَيُوْتِرُ
بِثَلَاثٍ .
“Ubay bin Ka’ab shalat (tarawih) mengimami orang orang pada
bulan Ramadhan di Madinah sebanyak 20 rakaat dan witir tiga rakaat.”[17]
Hadits ini juga lemah, karena Abdul Aziz bin Rafi’ yang meninggal
pada tahun 130 H dalam usia 90 tahun ini tidak mengalami masa Ubay maupun Umar.
Dari sejumlah hadits yang kami tampilkan ini, hampir
semuanya bermasalah. Tidak ada satu pun hadits tentang shalat tarawih 23 rakaat
ini yang posisinya betul betul kuat. Dalam arti kata, diriwayatkan dalam
kutubus sittah (kitab hadits yang enam), dengan sanad dan matan yang shahih,
serta dishahihkan oleh para ulama hadits.[18]Wallahu a’lam.
Shalat Tarawih 23 Rakaat dalam Tinjauan Fiqih
Imam As Sarakhsi Al Hanafi (w. 483) berkata, “Bilangan
rakaatnya adalah 20 rakaat selain witir. Menurut Imam Malik rahimahullah,
sunnah tarawih adalah 36 rakaat. Ada yang mengatakan, bahwa barangsiapa
yang hendak mengikuti pendapat Malik, sebaiknya dia melakukan apa yang
dikatakan Imam Abu Hanifah rahimahullah, dia shalat dulu 20 rakaat sebagaimana
sunnahnya. Adapun rakaat sisanya, dia kerjakan sendiri, setiap empat rakaat dua
kali salam. Ini adalah madzhab kami.”[19]
Imam Ibnu Rusyd Al Maliki (w. 595 H) berkata, “Mereka
berselisih pendapat dalam masalah bilangan rakaat shalat tarawih pada bulan
Ramadhan. Malik memilih dalam salah satu pendapatnya, Abu Hanifah, Syafi’i,
Ahmad, dan Dawud (Azh Zhahiri), bahwa bilangannya adalah 20 rakaat di luar
witir.”[20]
Imam Abu Bakr Al Hishni Asy Syafi’i (w. 829 H) berkata,
“Adapun shalat tarawih, maka tidak diragukan lagi kesunnahannya. Bukan hanya
seorang yang mengatakan bahwa ini adalah ijma’. … Ketika menjadi khalifah, Umar
Radhiyallahu ‘Anhu melihat orang orang shalat malam di masjid sendiri sendiri,
dua orang dua orang, dan tiga orang tiga orang. Maka, Umar pun mengumpulkan
mereka dalam satu jamaah dengan diimami oleh Ubay bin Ka’ab Radhiyallahu ‘Anhu,
dimana dia shalat 20 rakaat.Para sahabat sepakat dengan apa yang dilakukan
Umar. Shalat ini dinamakan tarawih karena mereka istirahat setiap dua
kali salam, membaca niat setiap dua rakaat tarawih atau qiyam Ramadhan.”[21]
Imam Ibnu Qudamah Al Hambali (w. 620 H) berkata, “Qiyam pada
bulan Ramadhan itu 20 rakaat, yakni shalat tarawih. Hukumnya sunnah muakkadah.
Yang pertama kali menyunnahkannya adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa
Sallam.Pendapat yang dipilih Abu Abdillah (Imam Ahmad) rahimahullah dalam hal
ini adalah 20 rakaat. Pendapat ini pula yang dikatakan Ats Tsauri, Abu Hanifah,
dan Asy Syafi’i. Malik berkata; 36 rakaat.”[22]
Imam Ibnu Taimiyah berkata, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa
Sallam melakukan qiyamullail dan witir pada bulan Ramadhan dan selain Ramadhan
sebanyak sebelas rakaat atau tiga belas rakaat. Namun, shalat beliau ini
panjang sekali. Tatkala hal ini memberatkan orang orang, Ubay bin Ka’ab shalat
tarawih dengan mereka pada masa Umar sebanyak 20 rakaat dan ditutup dengan
witir. Dia meringankan shalatnya. Jadi, penambahan jumlah rakaat adalah ganti
dari berdiri yang lama.”[23]
Syaikh Prof. DR. Wahbah Az Zuhaili hafizhahullah berkata,
“Dalil yang ada menunjukkan, bahwa Ubay bin Ka’ab mengimami orang orang dalam
qiyam Ramadhan sebanyak 20 rakaat dan witir tiga rakaat. … Demikian, dan para
ulama mempunyai tiga pendapat dalam masalah jumlah rakaat tarawih ini: Yang
pertama, pendapat mayoritas ulama, bahwa ia adalah 20 rakaat, dan ini adalah
sunnah. Hal ini berdasarkan praktik sahabat muhajirin dan anshar. Kedua; 36
rakaat tifak termasuk syafa’ dan witir. Ini terjadi pada zaman Umar bin Abdil Aziz,
dan praktik penduduk Madinah masa lalu. Dan ketiga; Yang benar sesuai yang
terdapat dalam hadits shahih dari Aisyah adalah, bahwasanya Nabi Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam tidak pernah shalat malam lebih dari tiga belas rakaat, baik
pada bulan Ramadhan maupun bulan yang lain. Ibnu Taimiyah mengatakan, yang
benar adalah bahwa semuanya itu baik, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam
Ahmad rahimahullah.”[24]
Wallahu a’lam.
________________________________________
[1] Lihat As Sunan Al Kubra/Kitab Al Haidh/Bab Ma Ruwiya fi
‘Adad Raka’at Al Qiyam fi Syahri Ramadhan/hadits nomor 4393.
[2] Imam Abu Abdillah Muhammad bin Nashr bin Al Hajjaj Al
Marwazi, wafat tahun 294 H.
[3] Qiyam Ramadhan, hlm 21, program Al Maktabah Asy
Syamilah.
[4] Lihat Mushannaf Abdirrazzaq, hadits nomor 7733.
[5] Khulashatu Al Ahkam fi Muhimmat As Sunan wa Qawa’id Al
Islam/Imam An Nawawi/hadits nomor 1961.
[6] Al Badru Al Munir fi Takhrij Al Ahadits wa Al Atsar fi
Asy Syarhi Al Kabir/Imam Ibnul Mulaqqin Sirajuddin Abu Hafsh Umar bin Ali bin Ahmad
Asy Syafi’i Al Mishri (w. 804 H)/Jilid 4/Hlm 30/Penerbit Dar Al Hijrah,
Riyadh/Cetakan pertama/tahun 1425 H – 2004 M. (Program Al Maktabah Asy
Syamilah).
[7] Demikian cara membaca nama beliau: Al Munjid. Bukan Al
Munajjid.
[8] Fatawa Al Islam Su`al wa Jawab/Syaikh Muhammad Shalih Al
Munjid,jawaban dari pertanyaan nomor 82152. Program Al Maktabah Asy Syamilah.
[9] Yazid bin Ruman sendiri adalah seorang yang tsiqah. Imam
Al Bukhari dan Muslim serta hampir seluruh imam lain meriwayatkan dari Yazid
bin Ruman dalam kitabnya. Ia adalah seorang tabi’in yunior, wafat tahun 130 H.
[10] Ad Dirayah fi Takhrij Ahadits Al Hidayah/Ibnu Hajar Al
Asqalani/Jilid 1/Hlm 203/hadits nomor 257/Penerbit Dar Al Ma’rifah, Beirut.
(Program Al Maktabah Asy Syamilah)
[11] Khulashatu Al Ahkam (1962 & 1964).
[12] Nashbu Ar Rayah/Imam Jamaluddin Abu Muhammad Abdullah
bin Yusuf bin Muhammad Az Zaila’i (w. 762 H)/Jilid 2/Hlm 154/Penerbit Muassasah
Ar Rayyan, Beirut. (Program Al Maktabah Asy Syamilah)
[13] Al Mu’jam Al Kabir (11934), Al Mu’jam Al Wasith (810
& 5598), dan Al Mushannaf (227/13).
[14] Nashbu Ar Rayah/Jilid 2/Hlm 153.
[15] Ada yang mengatakan 117 H dan 120 H, dalam usia 78
tahun.
[16] Qiyam Ramadhan/Bab ‘Adad Raka’at Allati Yaqumu Biha Al
Imam Linnas fi Ramadhan/hlm 21.
[17] Al Mushannaf/Bab Kam Yushalli fi Ramadhan Min Rak’ah
(227/5).
[18] Jika melihat pembahasan shalat tarawih dalam kitab
kitab fiqih, sesungguhnya pelaksanaan shalat tarawih 23 rakaat adalah
sesuatu yang faktual. Ia benar benar ada dan terjadi. Masalahnya,
sejumlah perawi yang meriwayatkan hadits tentang shalat tarawih Umar yang 23
rakaat, mereka tidak bertemu langsung dengan Umar dan tidak mengalami shalat
tarawih bersama Umar. Namun, menurut kami, bisa jadi para perawi ini tidak
menyebutkan dari siapa mereka mendengar atau mengetahui shalat tarawih 23
rakaat Umar, karena teramat banyaknya mereka menjumpai orang orang yang turut
menyaksikan atau mengalami langsung shalat tarawih ini, dimana mereka mendengar
hal ini dari banyak orang yang tidak mungkin disebut satu persatu. Contoh
sederhana adalah perkataan Imam Asy Syafi’i dalam hal ini, “Aku melihat orang
orang shalat tarawih di Madinah sebanyak 39 rakaat. Tetapi aku lebih menyukai
20 rakaat (tidak termasuk witir). Demikianlah yang dilakukan orang orang di
Makkah.” (Qiyam Ramadhan/Imam Al Marwazi/Hlm 21, pembahasan hadits nomor 16.
Program Al Maktabah Asy Syamilah).
[19] Al Mabsuth fi Syarhi Al Kafi/Imam Syamsuddin As
Sarakhsi Muhammad bin Ahmad bin Sahl Al Hanafi/Jilid 3/Hlm 170. (Program
Al Maktabah Asy Syamilah)
[20] Bidayatu Al Mujtahid/Imam Al Qadhi Abul Walid Muhammad
bin Ahmad bin Rusyd Al Qurthubi Al Andalusi (Ibnu Rusyd)Jilid 1/Hlm 167.
(Program Al Maktabah Asy Syamilah)
[21] Kifayatu Al Akhyar fi Halli Ghayati Al Ikhtishar/Imam
Taqiyuddin Abu Bakr bin Muhammad Al Husaini Al Hishni Asy Syafi’i/Jilid 1/Hlm
88. (Program Al Maktabah Asy Syamilah)
[22] Al Mughni/Imam Abu Muhammad Abdullah bin Ahmad Ibnu
Qudamah Al Maqdisi Al Hambali/Jilid 3/Hlm 387. (Program Al Maktabah Asy
Syamilah)
[23] Majmu’ Al Fatawa/Ibnu Taimiyah/Jilid 5/Hlm 282.
(Program Al Maktabah Asy Syamilah)
[24] Al Fiqh Al Islamiy wa Adillatuh/DR. Wahbah Az
Zuhaili/Jilid 2/Hlm 251. (Program Al Maktabah Asy Syamilah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar